Cara Mudah Supaya Rumah Terasa Lebih Sejuk Tanpa AC

Kabupatenreport.id – Jakarta (28/02). Rumah yang sejuk itu pada dasarnya terjadi bila penghawaan rumahnya baik—udara segar mudah masuk, udara panas mudah keluar. Kalau tidak mau pakai AC, upayakan ventilasi alami bekerja secara optimal. Cara mudahnya, pastikan ada dua bukaan/lubang udara di kedua sisi bangunan yang berlawanan supaya udara segar leluasa mengalir.

Kalau tidak ada atau hanya sedikit ruang udara di rumah, disarankan supaya lebih baik perbanyak lubang ventilasi setidaknya di dua sisi bangunan. Misal, pada pintu dan jendela seperti ini:

Atau, kalau tidak ada dana untuk ganti pintu dan jendela, bisa dengan solusi lebih murah dengan memasang batu roster/kerawang di atas pintu dan jendela. Sedikit-sedikit juga tidak apa, yang penting semua ruangan ada, terutama yang langsung berhubungan dengan ruang luar, supaya distribusi udara merata.

Memang biaya yang dikeluarkan untuk bongkar pasang dan kerja tukang akan relatif lebih banyak daripada biaya membeli AC, tapi akan lebih jauh menghemat biaya dan energi untuk jangka panjang. Jangan lupa perbanyak tanaman di sekitar rumah juga, terutama di sisi yang sering terekspos matahari. (Achin)

(Sumber : https://id.quora.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here