TNI AL Kembali Tangkap Pencurian Ikan di Laut Natuna

Koarmada I kembali berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam yang masih melakukan pencurian ikan (Ilegal Fishing) di Laut bagian utara Natuna, Minggu (17/2/2019).

Kabupatenreport.id – Jakarta (19/02). Koarmada I kembali berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam yang masih melakukan pencurian ikan (Ilegal Fishing) di Laut bagian utara Natuna, Minggu (17/2/2019).

“Penangkapan ini dilakukan karena KIA asal Vietnam ini diduga melaksanakan kegiatan di dalam Landas Kontinen Indonesia tanpa dilengkapi dokumen, jelas Kadispen Koarmada I Letkol Agung Nugroho, melalui pesan singkatnya, Senin (18/2/2019).

Dijelaskan oleh Agung, dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal BT 99506 TS dengan Tonage 99 GT berbendera Vietnam, dengan Nahkoda Hanghuu dan jumlah ABK 3.

Ia menambahkan penangkapan berawal saat KRI Bung Tomo-357 melaksanakan patroli sektor di wilayah Perairan Indonesia dan kemudian mendapatkan kontak kapal yang dicurigai melakukan kegiatan pelanggaran di dalam wilayah Landas Kontinen Indonesia pada posisi 05° 51’ 40” U – 105° 49’ 50” T, tepatnya di Perairan Laut Natuna Utara.

Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Bung Tomo-357 melakukan prosedur Pengejaran, Penangkapan dan Penyeleidikan (Jarkaplid) dilanjutkan dengan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan terhadap muatan, personel dan dokumen kapal tersebut.

“Ternyata kapal tersebut merupakan KIA asal Vietnam yang melakukan penangkapan ikan tanpa mengantongi izin di wilayah perairan Indonesia,” jelas Agung.

Saat ini kapal sedang dalam perjalanan menuju ke Lanal Batam untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

“Dari dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin memerintahkan agar Kapal BT 99506 TS di adhoc ke Lanal Batam untuk proses pemeriksaan dan penyidikan,” pungkasnya. (Achin)

(Sumber : https://regional.kompas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here