FORKAMI Selenggarakan Goes To Campus Guna Sosialisasi Program Pembangunan SDM Bagi Taruna BP2IP

 

Jajaran pengurus FORKAM, narasumber dan staff pengurus serta para Taruna BP2IP foto bersama usai acara FORKAMI Goes To Campus, di Tanggerang Rabu (31/10)

Kabupatenreport.id – Jakarta (1/11). Forum Komunikasi Maritim Indonesia (FORKAMI) menyelenggarakan FORKAMI Goes To Campus, Learning By Experiences guna sosialisasi program pemerintah dalam pembangunan SDM untuk para Taruna Balai Pelatihan dan Pendidikan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tanggerang pada Rabu lalu.

Membuka kegiatan, James Talakua selaku ketua Umum Forkami menyampaikan bahwa kegiatan Forkami Goes To Campus bertujuan memperkenalkan FORKAMI sebagai organisasi maritim kepada para Taruna Balai BP2IP. Forkami hadir sebagai wadah yang dapat meningkatkan wawasan dan mengarahkan insan maritim khususnya dalam mempersiapkan SDM yang berkompeten dan professional. Tidak hanya itu, Forkami juga mengajak para taruna menyadari kekuatan maritim Indonesia yang membutuhkan pemikiran kreatif generasi muda dalam memanfaatkan potensi kemaritiman

Hadir sebagai pembicara, dr. Jonathan Zacharias Pattinaja, SpKL (Konsultan Kesehatan Maritim), Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia/ALFI (Yukki Nugrahawan) dan HRD & GA Senior Manager Superintendent (Jopie Wattimury, MBA) pada Rabu (31/10).

Ketua Umum FORKAMI memberikan sambutan di pembukaan FORKAMI Goes To Campus di BP2IP Tangerang

Pada paparan kegiatan Forkami Goes To Campus, dr. Jonathan Zacharias Pattinaja, SpKL selaku konsultan kesehatan maritim menyampaikan bahwa faktor kesehatan awak kapal dan pelaut sangat penting dalam pelayaran.

“Kesehatan para awak kapal harus diperiksa setiap akan melaut. Pemeriksaa ini harus dilakukan secara rutin, “tuturnya.

Diskusi semakin menarik dengan paparan yang disampaikan oleh Jopie Wattimury, MBA selaku HRD & GA Senior Manager Superintendent. Menurut Jopie Wattimury untuk menjadi sumber daya manusia berkualitas dan siap bersaing di era persaingan global hendaknya tiap individu harus meningkatkan potensi dan keterampilan.

“Tiap individu harus memiliki sertifikat keahlian di bidangnya, kemampuan kerja tim, hubungan kerja  yang baik dan aktif, komunikasi yang Interaktif  dan target terencana dan terukur. Selain itu, dibutuhkan juga kemauan, kepedulian dan komunikasi untuk peningkatan kualitas lebih baik, “papar Jopie.

Ketua Umum FORKAMI bersama para narasumber kegiatan Forkami Goes To Campus, dari Kiri ke Kanan ; Ketua Umum ALFI (Yukki Nugrahawan) Kepala BP2IP (Herlan Guntoro), Ketua Umum FORKAMI (James Talakua) dan HRD & GA Senior Manager Superintendent (Jopie Wattimury, MBA).

Sementara dari sisi pengusaha, Yukki Nugrahawan yang juga merupakan Ketua ALFI, mengatakan bahwa Logistik adalah bagian dari Supply Chain yang berperan dalam merencanakan, implementasi, kontrol efisiensi, penyimpanan barang, dan penyediaan informasi mulai dari awal sebuah diproduksi hingga sebuah produk di konsumsi.

Menurut Yuki, Indonesia menempati peringkat 1 dalam pertumbuhan pasar logistic di ASEAN dengan CAGR 12.1% periode 2013 – 2018. Hal ini menyebabkan Indonesia membutuhkan pelaku logistik yang lebih  banyak terutama dalam logistik kelautan.

“Untuk mendorong semangat para taruna mempelajari lebih lanjut mengenai bisnis dan dunia logistik, ALFI Akan memberikan 3 beasiswa kepada taruna BP2IP Tangerang yang berminat. “ujarnya menutup diskusi. (KR//Achin)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here