Maluku Hadiri Sarasehan Kemaritiman Nasional 2018

Kabupatenreport.id (5/10). Pelaksanaan sarasehan kemaritiman nasional 2018 yang berlangsung pada 3 dan 4 Oktober berlangsung lancar dan sukses. Acara yang gagas oleh Forum Komunikasi Maritim Indonesia (Forkami) dan Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulaun dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) merupakan momentum musyawarah nasional dalam sektor maritim yang sudah lama di nantikan oleh berbagai pihak, tidak hanya pelaku dan organisasi maritim bersama pemerintah namun juga investor asing.

Pelaksanaan sarasehan kemaritiman nasional 2018 di awali dengan munas Aspeksindo I di ikuti seminar sarasehan kemaritiman yang teragenda dalam 2 hari berturut-turut. Hadir dalam musyawarah nasional yakni pelaku lintas sektor kemaritiman antara lain Kepada Daerah beserta jajaran terkait, Pemerintah RI, Duta Besar dan Investor.

Sebagai provinsi kepulaun yang memiliki garis pantai yang cukup panjang, menjadi alasan Maluku hadir dalam momentum potensial ini. Beberapa perwakilan provinsi Maluku yang turut hadir dalam kegiatan kemaritiman nasional yakni, Provinsi Maluku yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur Maluku (Zeth S), Walikota Ambon (di wakilkan oleh Steivan Patty beserta jajaran terkait), Bupati Maluku Tenggara beserta Dinas terkait (Ir. Andreas Retanubun, Muhammad Tukloy, SH, Msi, Drs. J. Renmaur, M,si dan Ir. N. Ubra, M.si), Bupati Kepulaun Aru (Johan Gonga), Bupati Buru Selatan (Tagop Sudarsono Soulissa) serta perwakilan dari Kab. Maluku Tengah bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta pada Rabu dan Kamis (3,4/10).

Maluku memandang penting penyelenggaraan sarasehan kemaritiman sebagai suatu momentum yang sangat bagus karena hal tersebut menjadi momentum potensial bagi Maluku untuk dapat bersinergi dengan daerah kepulauan dan pesisir lainya bersama pemerintah guna mendorong dan memajukan pembangunan segala bidang dalam sektor maritim, khususnya pengembangan potensi maritim kedaerahan, realisasi pengesahan uu kepulauan dan kemudahan iklim investasi.

“maluku tenggara merupakan perwakilan Maluku yang sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan sarasehan kemaritiman ini. Kita harus meraih manfaat sebesar-besarnya dari acara ini. Forkami dan Aspeksindo adalah penyambung lidah kami kepada pemerintah sehingga kami berharap kedepannya Maluku dapat lebih berperan aktif melalui akspensindo memperjuangkan kepentingan daerahnya, “ Ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Muhamad Tukloy, SH, M.si.

Maluku merupakan provinsi kepulauan yang mengirimkan delegasi cukup banyak dalam sarasehan kemaritiman. Tercatat ada 6 perwakilan daerah Provinsi Maluku (dari 11 perwakilan daerah). Hal ini menunjukan Maluku sangat mendukung penuh kegiatan kemaritiman nasional ini, “tutup panitia koordinasi anggota aspeksindo dan forkami, Nursin Tuarita. “(KR//Achin)