Forkami Gandeng Aspeksindo Bersama Pemerintah Selenggarakan Sarasehan Kemaritiman Nasional 2018

 

Kabupatenreport (1/10). Dewan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Maritim Indonesia (DPP Forkami) gandeng Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulaun Dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) bersama pemerintah RI selenggarakan Sarasehan Kemaritiman Nasional 2018 dengan tajuk “Prospek Penataan Potensi Kemaritiman Indonesia tahun 2019-2024” pada 3 dan 4 Oktober 2018 di Hotel Borubudur, Jakarta.

Kegiatan sarasehan maritim akan dihadiri oleh pihak-pihak dan stake holder terkait, diantaranya Menteri Perhubungan RI, Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Perindustrian. Selain dihadiri pemerintah terkait, hadir juga para organisasi maritime, pelaku usaha, duta besar dan investor dari dalam dan luar negeri. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Maritim Indonesia (DPP Forkami) James Talakua di Kantor Pusat Forkami di Cikini, pada Senin (29/9).

Kegiatan sektor kelautan ini di selenggarakan oleh Forkami sinergi dengan Aspeksindo bersama pemerintah RI bertujuan menginisiasi agar potensi tata kelola maritim dapat di akomodir mengingat masih banyak berbagai persoalan maritim yang dihadapi pemerintah khususnya wilayah provinsi dan daerah kepulauan pesisir di seluruh Indonesia di harapkan dapat mampu di akomodir oleh pemerintah pusat dalam rencana realisasi undang undang kepulauan. Selain itu di momentum sarasehan maritim, Forkami mendukung aspeksindo dalam menyelenggarakan musyawarah nasional pengurus aspeksindo 2018-2023.

“Saat ini potret kemajuan sangat di rasakan oleh banyak pihak tapi masih meninggalkan beberapa persoalan, oleh karena itu persoalan-persoalan tersebut akan masuk dalam program prioritas dalam rencana pembangunan maritim nasional di sektor perikanan dan kelautan, perhubungan dan pariwisata selain itu juga akan fokus terhadap perlindungan hak dan kewajiban SDM pelaut yang merupakan aset bangsa. “Ucap James.

Ketua Umum Forkami ini juga mengatakan Forkami dan Aspeksindo coba fasilitasi semua potensi maritim khususnya pelaku usaha, organisasi maritim dan stake holder terkait guna sinergi memberikan masukan strategis terkait persiapan pemerintah dalam menyelenggarakan rencana musyawarah kemaritiman nasional yang belum di selenggarakan.

Menurut Pakar dan Praktisis Kemaritiman Aspeksindo Zaidin Zaiti, Sarasehan maritim nasional melengkapi berbagai informasi yang dibutuhkan pemerintah dalam rangka menyusun program perencanaan di bidang kemaritiman nasional tahun 2019-2024.Terkait beberapa isu strategis pemerintah dalam mengembangkan sektor maritim melalui berbagai usulan undangan di sektor kelautan hal ini juga sebagai momentum melengkapi berbagai informasi dalam rangka merealisasi uu kepulauan yang sedang di bahas di DPR.

“Forkami dan Aspeksindo bersama pemerintah RI menghimbau seluruh pengurus organisasi maritime di seluruh Indonesia, dan pelaku usaha maritime,pemerintah disektor maritim untuk dapat ikut sarasehan Mengingat berbagai ada banyak potensi yang dapat disinergikan dalam rencana kegiatan mendatang. “tutup zaidin (KR//Achin).