BPS Kolaborasi Bersama idEA Kumpulkan Data E-commerce

Sharing Session yang di adakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di hadiri Ketua Bidang Ekonomi Digital idEA Di Gedung Badan Pusat Statistik, Jakarta pada Kamis (11/10) lalu.

Kabupatenreport.id – Jakarta (29/10). Kebijakan ekonomi pemerintah khususnya mengenai transaksi online berlandaskan Perpres No.74  Tahun 2017 mengenai Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik. Badan Pusat Statistik (BPS) mendukung  Perpress tersebut, secara rutin merilis data basa e-commerce bersifat mutlak yang digunakan sebagai landasan menyusun angka pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Guna sosialisasi kebijakan Perpress No. 74 Tahun 2017, BPS telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya, Kemenko Perekonomian dan Kementrian Kominfo RI. Menginisiasi kebijakan ini, BPS juga mengundang Asosiasi E-commerce Indonesia (IDEA) dalam kegiatan Sharing Session terkait aspek legal perekaman data yang bertujuan memperkuat kolaborasi BPS dengan pelaku usaha E-commerce.

Indonesi Procurement Club (IPC) Selenggarakan Bedah Bisnis Prospek Pengadaan Barang Dan Jasa Tahun Anggaran 2019 Melalui E-commerce

Hadir dalam acara, Ibu Sri Soelistyowati (Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS), Melly Mersiana (Hukum BPS) dan Bima Laga (Ketua Bidang Ekonomi Digital idEA) serta para pelaku kegiatan e-commerce di ikuti para anggota idEA yang juga turut hadir dalam acara ini. Di Gedung Badan Pusat Statistik, Jakarta pada Kamis (11/10) lalu.

Dalam sesi diskusi Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Bima Laga selaku Ketua Bidang Ekonomi Digital idEA menyampaikan bahwa idEA mendukung pengumpulan data melalui BPS dan mengajak para pelaku industri e-commerce khususnya para anggota idEA untuk ikut melakukan kegiatan pengumpulan data e-commerce ke BPS.

“BPS juga perlu memperhatikan kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha. Beberapa kendala yang juga disampaikan oleh para pelaku pada diskusi tersebut salah satunya mengenai banyaknya permintaan data dari pemerintah tidak hanya BPS, sehingga menyulitkan para pelaku usaha. “tambahnya. (KR//Achin)

(Sumber : https://www.idea.or.id/berita/detail/idea-dukung-pengumpulan-data-e-commerce-bps )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here