Walikota Padang Canangkan Sistem Ekonomi Syariah

Walikota Padang saat menyampaikan pencanangan sistem sistem ekonomi syariah

Kabupatenreport (13/9). Pemerintah Kota Padang mencanangkan sistem ekonomi syariah bertepatan dengan Tahun Baru Hijriah 1439 H. Pencanangan dibacakan langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi didampingi seluruh jajaran Pemerintah Kota Padang di Masjid Nurul Iman (Senin, 10/9).

“Penerapan sistem ekonomi syariah semata-mata hanya untuk meraih keberkahan dan Ridho Allah SWT dan tujuan utama adalah dapat mendorong kebangkitan ekonomi ummat. Tahun baru hijriah kita jadikan sebagai momen untuk hijrah dalam mencari keberkahan, “Ujar Mahyeldi.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatra Barat ini juga menegaskan, kedepannya secara bertahap transaksi dan pengelolaan keuangan Pemko Padang akan di lakukan di bank-bank syariah.

Mahyeldi saat menandatangi teks pencanangan

Lebih lanjut dijelaskan ekonomi syariah menjadi bagian yang sangat penting dalam penguatan umat, disamping peningkatan keimanan, keikhlasan dan keilmuan, terutama bagi generasi penerus bangsa

Pemko Padang juga telah memulai berbagai program dan kegiatan untuk mendukung pelaksaan ekonomi syariah. Diantaranya, program wisata syariah termasuk pengelolaan hotel secara syariah.

Mahyeldi juga menambahkan, pemberdayaan perekonomian syariah untuk Kota Padang sejak beberapa tahun yang lalu telah dikembangkan dengan membentuk Kelompok Usaha Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang tersebar di 104 kelurahan di Kota Padang.

Suasana masjid Nurul Iman yang dipadati oleh warga setempat

Dari hasil evaluasi sementara, 65 persen dari 104 KJKS tersebut dinyatakan sehat. 10 persen sudah masuk kepada kelompok usaha mandiri karena telah memiliki aset diatas 1 miliar dan tingkat NPL di bawah 10 persen. Sedangkan sisanya masih butuh pembinaan lebih lanjut “papar Mahyeldi.

“Kami berharap, seluruh warga Kota Padang dapat menerapkan sistem syariah di setiap lini kehidupan, terutama dalam hal perekonomian. Kami ingin hal tersebut dapat diterapkan sejalan dengan filosofi Adat Basandi Syara’, Syara Basandi Kitabullah (KR//Achin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here