Zaidin Zaiti : E-Katalog dan E-Procurement Cegah Korupsi

Zaidin Zaiti, Dewan Pengawas IPC saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Arema Media Group di Malang, Selasa (13/11).

KabupatenReport.id – Jakarta (15/11). Pengamat pengadaan dan Dewan Pengawas Indonesia Procurement Club (IPC), Zaidin Zaiti adakan kunjungan kerja ke kantor pusat Arema Media Group Malang guna sosialisasi di gelarnya Indonesia Procurement Summit (IPS)  Desember 2018 mendatang.

Dalam kesempatan wawancara, Zaidin menjelaskan, pengadaan barang jasa pemerintah merupakan salah satu kegiatan yang rawan korupsi.

IPC Sinergi Dengan LKPP

Menurutnya, banyak cara dapat dilakukan untuk mencegah tindak pidana korupsi. Salah satunya dengan menerapkan sistem elektronik.

Dijelaskannya, Presiden telah membuat aturan setiap belanja barang jasa harus dilakukan secara elektronik. Hal ini ditegaskan Presiden dengan dikeluarkan Perpres nomor 16 tahun 2018. Perpres ini menjelaskan semua lembaga pemerintah, BUMN, BUMD dan BULD harus menggunakan sistem elektronik dalam pengadaan barang dan jasa.

‘’Aturannya sudah jelas, semua lembaga pemerintah harus menggunakan sistem elektronik dalam pengadaan, “terang Zaidin.

Di sampaikannya, sistem pengadaan elektronik dapat mencegah terjadinya korupsi.

Indonesia Procurement Club (IPC) Gelar Diskusi Prospek Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Bidang Kesehatan Dan Pendidikan Tahun Anggaran 2019

Sistem pengadaan elektronik itu meliputi E-Catalog yang berisi berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pemerintah, dimana di dalamnya terdapat penjelasan mengenai barang yang ditawarkan, seperti spesifikasi dan harga. Sistem elektronik diharapkan dapat mencegah terjadinya korupsi, karena semua dilakukan secara transparan.

Dewan Pengawas IPC ini menambahkan, berangkat dari permasalahan itu, Indonesia Procurement Club (IPC) berkomitmen dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) menfasilitasi wadah yang dapat menjawab permasalahan proses pengadaan barang jasa pemerintah.

“IPC bersama LKPP dan IAPI akan menggelar pameran Indonesia Procurement Summit (IPS) 2018 di Jatim Expo, pada 3 – 5 Desember 2018 mendatang, “jelas Zaidin.

Indonesia Procurement Club (IPC) Bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKKP) dan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Selenggarakan “Kopi Sore” Guna Sosialisasikan Prospek Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun Anggaran 2019

Dewan Pengawas IPC, Zaidin Zaiti foto bersama Pimpinan Redaksi Arema Media Group.

Indonesi Procurement Club (IPC) Selenggarakan Bedah Bisnis Prospek Pengadaan Barang Dan Jasa Tahun Anggaran 2019 Melalui E-commerce

Kegiatan ini untuk mempertemukan pihak pemerintah dengan pengusaha penyedia barang dan jasa membahas berbagai hal yang berhubungan dengan tender proyek. Ratusan pengusaha penyedia barang dan jasa dari seluruh Indonesia akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Setelah acara tersebut, Zaidin berencana untuk menggelar acara serupa dalam lingkup yang lebih kecil melibatkan pemerintah di Jatim dengan para pengusaha penyedia barang dan jasa.

“Insya Allah akan diadakan di Malang, “tutupnya. (KR//Achin)

(Sumber : https://beritapengadaan.com/opini/pengadaan-electronik-cegah-korupsi/)

Editor : Achin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here