Investor Tiongkok Lirik Kesempatan Investasi, Perdagangan, dan Wisata, di Jakarta dan Maluku

 

Dubes RI bersama 4 group investor dari Shenzhen, Xiamen dan Beijing lakukan pertemuan dengan KADIN dan ESDM

Kabupatenreport.id (11/10). Guna memperkenalkan dan kembangkan potensi alam Indonesia terhadap pemerintah China melalui investasi, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Beijing melakukan Road Show promosi TTI (Tourism, Trade and Investment) ke Jakarta dan Maluku yang digagasi oleh Duta Besar, Djauhari Oratmangun. kegiatan road show tersebut di ikuti oleh para Investor China khususnya Tiongkok yang bergerak di sektor kelistrikan, manajemen sampah, pembersih sungai, perikanan dan buah-buahan tropis, perusahaan teknologi informatikan serta konektivitas laut (penerbangan dan pelayaran berbasis internet).

Program Road Show ini merupakan tindak lanjut dari Forum Bisnis yang diselenggarakan oleh KBRI Beijing pada 26 September 2018 di Beijing. KBRI Beijing juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan investasi, perdagangan dan arus wisata dari RRT ke Indonesia melalui berbagai cara dan jalur, termasuk ke masyarakat dan media di Tiongkok.

Kunjungan Duta Besar, Djauhari juga bertepatan dengan terselenggarakannya acara Sarasehan Nasional Kemaritiman 2018 pada 04 Oktober yang bertajuk Prospek Penataan Potensi Kemaritiman Indonesia tahun 2019 – 2024 oleh Forum Komunikasi Maritim Indonesia (FORKAMI) dan Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) dimana pada kegiatan sarasehan tersebut, Djauhari Oratmangun didapuk menjadi narasumber membicarakan potensi kemaritiman Indonesia.

Dubes RI sebagai pembicara mengenai hubungan bilateral Indonesia – Tiongkok dalam konteks kerja sama Kemaritiman

Agenda kunjungan Duta Besar, Djauhari beserta para investor Tiongkok Selama di Jakarta di jadwalkan bertemu dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, KADIN, Lembaga Kebudayaan Indonesia – Tiongkok dan pihak swasta Indonesia untuk memperoleh penjelasan langsung mengenai potensi Indonesia dan membahas berbagai peluang kerja sama kedua negara.

Para peserta juga bertemu dengan Bupati Morotai beserta jajaran, Walikota dan Wakil Walikota Ambon beserta jajaran guna membahas peluang kerja sama investasi antara para investor Tiongkok dengan partner serta pemerintah lokal bagian Timur Indonesia antara lain di sektor perikanan, pariwisata, konektivitas udara dan laut, smart city dan hydro and solar power.

Dalam kunjungan penjajakan kerjasama ke Maluku, Djauhari Oratmangun membawa beberapa investor China dari berbagai perusahaan skala internasional diantaranya Adreaw Zheng (Zheng Lie-Lie) dari perusahaan Shenzhen Foontain Corporation, Chen Jie dari TBEA Xin Jiang dan Zhen Zhi Qiang dari PT. Nusa Ina Gempita –Jakarta. Rombongan diterima langsung oleh Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaf di ruang lantai II, Kantor Gubernur Maluku pada Senin, 8 Oktober.

Rombongan Duta Besar, Djauhari beserta para investor Tiongkok berkunjung ke Pantai Natsepa, Kota Ambon

Tidak hanya itu, Duta Besar yang merupakan keturunan Maluku meneruskan kunjungan kerjasama dengan para investor Tionkok ke Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Kunjungan ini diyakini akan membawa manfaat nyata bagi perekonomian daerah dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Selama di Maluku, Duta Besar Djauhari juga mengajak peserta untuk menikmati keindahan alam dan ragam kuliner khas Maluku mulai dari rujak natsepa, pisang dan sukun goreng, nasi kuning, ikan bakar, ikan kuah kuning dan papeda serta aneka ragam kue khas Maluku. (KR//Achin)

(Sumber : Biro Komunikasi KBRI Beijing)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here